Kamis, 13 Oktober 2016

[Resensi Novel] Digital Fortress - Dan Brown



Judul              : Digital Fortress (Benteng Digital)
Penulis            : Dan Brown
Penerjemah     : Ferry Halim
Penyunting     : Hendry M. Tanaja & Zaki Peaba
Pewajah          : Fadly
Penerbit           : PT. Serambi Ilmu Semesta
Cetakan           : Ke-1, Mei 2006
ISBN              : 979-16-0090-2
Tebal              : 567 Halaman
Harga             : -
Edisi               : Hard Cover
Alur                : Maju Mundur
Latar Tempat : Kantor National SecurityAgency (NSA), Sevila (Spanyol), Tokyo (Jepang).
Genre             : Fiksi / Misteri / Techno-Thriller



Dan Brown adalah seorang penulis novel yang semakin melejit dengan karyanya The Da Vinci Code yang di terjemahkan kedalam 40 bahasa, dan telah difilmkan dengan pemeran Tom Hanks.

Digital Fortress (Benteng Digital) adalah Novel pertama karya Dan Brown, pertama kali terbit tahun 1998 oleh penerbit St. Martin's Press. Namun dalam novel pertamanya ini saya tidak menemukan pernyataan bahwa apa yang ada diceritanya adalah fakta.

SEORANG KRIPTOGRAFI TERHEBAT SEPANJANG SEJARAH TELAH MEMBUAT ALOGARITMA YANG SULIT DIPECAHKAN OLEH MESIN PEMECAH KODE TERCANGGIH DIDUNIA TERBUNUH.

Digital Fortress menceritakan tentang suatu benteng digital dengan konsep alogaritma yang tidak bisa dipecahkan oleh mesin pemecah kode milik NSA. Benteng Digital di buat oleh Ensei Tandako, yang diklaimnya sebagai senjata anti intellejen yang sangat Hebat. Tadako adalah seorang yang kecewa terhadap NSA yang berkeinginan untuk dapat mengkontrol semua pengguna Internet. Sampai suatu hari Ensei Tandako berjanji kepada Wakil Direktur NSA, Straithmore. 

"kita semua mempunyai hak untuk menyimpan rahasia, suatu hari nanti saya akan memastikan hal itu terjadi."

Sedikit sejarah tentang NSA. NSA adalah National Security Agency. Didirikan oleh Presiden Truman pada jam 12:01, Tanggal 4 November 1952. NSA merupakan agensi intelejen paling rahasia diseluruh dunia selama hampiur 50 tahun. Markas NSA sangatlah besar, ukurannya lebih dari 2 juta kaki persegi (2x ukuran markas besar CIA). FBI, CIA, dan Dewan Penasihat luar negeri AS, dalam membuat keputusan, semua tergantung pada layanan NSA.
Setelah berhasil membuat Benteng Digital, Ensei Tandako memberitahukannya kepada seluruh dunia bahwa dia telah menciptakan Benteng Digital yang tak mampu ditembus oleh siapapun bahka Intelejen negara tercanggih sekalipun, lalu dia menyebarkannya di Internet. Banyak orang yang mengunduhnya, termasuk seorang Wakil Direktur NSA, Strarthmore. Namun Benteng Digital tidak dilepas dengan gratis. Tankado membuka lelang untuk sandi pembuka akses ke Benteng Digital tersebut.
Karena sadar keselamatan jiwanya terancam, Tandako memberikan sandi Benteng Digital kepada orang kepercayaannya yang dia yakini tak akan membocorkan sandi tersebut kepada siapapun.
Stratmore sadar, NSA memiliki suatu alat pemecah kode bernama TRANSLTR, Strathmore berusaha memecah kode Benteng Digital dengan TRANSLTR. TRANSLTR biasanya tak pernah memakan waktu lama untuk memecahkan suatu sandi, waktu pemecahan sandi paling lama yang pernah dilakukan TRANSLTR adalah sekitar 3 jam, namun biasanya paling cepat untuk memecah 1 sandi hanya butuh waktu 6 menit saja. Sudah 16 Jam TRANSLTR mencoba memecah sandi Benteng Digital namun tak terpecahkan juga.
Strathmore yang mendapat kabar bahwa Ensei Tandako mati karena serangan jantung di Sevila, Spanyol. Strathmore tak menugaskan anak buahnya untuk “menjemput” semua barang-barang milik Ensei Tandako dengan harapan ada suatu sandi untuk Benteng Digital. Dengan beberapa pertimbangan akhirnya Strathmore menugaskan seorang akademisi bernama, David Becker.
Becker mengira tugas yang diberikan kepadanya akan berjalan dengan mudah, namun nyatanya tugas tersebut menjadi sedikit sulit karena barang yang dicarinya telah berpindah kebeberapa tangan, dan Becker tak menyadari bahwa keselamatan dirinya telah terancam.
Penugasan Becker yang mendadak ke Spanyol membuat rencana liburannya dengan sang kekasih bernama Susan Fletcher ke Stone Manor dan Smoky Mountains harus ditunda, dalam kekecewaannya Susan mendapat panggilan darurat dari komandannyadi NSA, yang tak lain adalah Strathmore. Setibanya dikantor, Susan mendapat kabar bahwa seorang kriptografer telah membuat sebuah alogaritma yang tak dapat dipecahkan, bahkan oleh mesin canggih milik NSA, TRANSLTR, dan juga prinsip Bergofsky. Awalnya Susan tidak percaya jika ada sebuah alogaritma yang tak mampu dipecahkan oleh TRANSLTR, namun ketika Strathmore menunjukkan bahwa TRANSLTR sudah terpakai selama 15 jam lebih, Strathmore mengatakan bahwa Ensei Tankado adalah pembuatnya, dan telah melelang sandinya di internet, jika sampai benteng digital jatuh kepasaran, maka akan mengancam NSA dan akan membuat badan intelejen tersebut matiikutu. Medapat penjelasan dari Strathmore, Susan mempercayai atasannya dan berusaha untuk membantu Strathmore.

Strathmore hanya memberitahukan hal ini kepada Susan, dia merahasiakannya dari siapapun, hingga akhirnya kejanggalan TRANSLTR tercium oleh Midge (seorang pegawai NSA yang memiliki insting sangat kuat) namun tak ada yang mau mempercayainya karena orang-orang tau bahwa Midge dan Strathmore memiliki hubungan yang kurang baik. dia pun berusaha keras meyakinkan orang-orang bahwa sesuatu sedang terjadi di Criptex.

Susan dan Strahmore berusaha untuk menemukan sandi dari Benteng digital, dan David Becker terus berusaha mencari barang Ensei Tandako yang hilang bersama maut yang terus mengikutinya, mampukah mereka memecahkan kode tersebut dan Becker akan selamat dari mautnya?

Menurut saya pribadi novel ini Seruuuuu !!!! karena bercerita dengan cepat, teknologi yang mengesankan, teka-teki tersembunyi terkadang dapat mempelajari sandi-sandi rahasia, dan yang paling penting sulit ditebak banyak sekali kejutan-kejutan yang tak terduga.


0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com