Minggu, 13 November 2016

[Resensi Novel] Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 - Pidi Baiq



Judul      : Dilan dia adalah Dilan ku tahun 1990.
Penulis   : Pidi Baiq
Penerbit : Mizan
Terbit     : 2014
Tebal      : 332 hlm
ISBN      : 978–602–7870–41–3

Novel ini dibuka oleh kata mutiara :
“Cinta itu indah, jika bagimu tidak, mungkin kamu salah milih pasangan”
Pidi Baik atau yang sering dipanggil Surayah
(Imam Besar The Panas Dalam).
Kisah ini menceritakan tentang seorang gadis remaja yang baru pindah dari jakarta ke kota Bandung, karena mengikuti orang tuanya yang dipindah tugaskan ke kota tersebut, gadis itu bernama Milea Adnan Hussain. Novel ini menceritakan tentang kisah cinta dari awal bertemu hingga Milea menjalin kasih dengan seorang laki-laki bernama Dilan.
Awal mula bertegursapa Dilan dengan Milea berbeda dengan kebanyakan orang yang langsung to the pointmengajak kenalan, namun cara Dilan awal mula adalah berpura-pura bisa meramal, dan itu membuat Milea awalnya merasa aneh dengan sikap yang ditunjukkan Dilan. Hingga akhirnya kejutan-kejutan yang tak terduga ditunjukkan Dilan kepada Milea.
Hal-hal yang amat sangat sederhana yang dilakukan Dilan kepada Milea membuat Milea tersenyum dan tanpa disadari Milea mampu mengalihkan perhatian dan hatinya dari kekasihnya bernama Beni kepada Dilan.
Dalam cerita ini dikatakan bahwa Dilan adalah seorang anak genk motor, namun dia memiliki otak yang begitu cerdas, namun kadang-kadang juga mampu bersikap begitu sangat konyol sehingga membuat saya sebagai pembaca tak habis pikir dengan sikapnya.
Kutipan-kutipan yang hebat dan konyol di buku ini begitu bertaburan, seperti :
“Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan.
Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli.”
“Milea, Kamu Cantik, Tapi aku belum mencintaimu.
Engga tahu kalau sore. Tunggu aja.”
Puisi Dilan untuk Milea :

“Milea 1”

Boleh aku punya pendapat?
Ini tentang dia yang ada di bumi
Ketika Tuhan menciptakan dirinya
Ku kira Dia ada maksud mau pamer
Dilan, Bandung 1990

“Milea 2”

Katakana sekarang
Kalau kue kau anggap apa dirimu?
Roti cokelat? Roti keju?
Martabak? Kroket? Bakwan?
Ayolah !
Aku ingin memesannya
Untuk mala mini
Aku mau kamu
Dilan, Bandung 1990
Novel Dilan ini pun oleh beberapa orang digolongkan kedalam buku pedoman PDKT. sedikit lebay dan terlalu berlebihan sih menurut saya, namun kalau dipikir-pikir lagi memang ga ada salahnya orang-orang beranggapan demikian.
Bagi kalian yang sulit atau kurang kreatif dalam masalah PDKT, ga ada salahnya baca novel ini, akan sangat menghibur bahkan membuat kalian terpingkal-pingkal dengan kekonyolan yang polos.
Dan ini pun novel yang memegang rekor bacaan tercepat bagi saya, dengan alur yang begitu cepat dan seru saya bisa menuntaskan novel ini kurang lebih hanya 12 jam !!!! Suatu prestasi tersendiri untuk saya *hehehe
Dari 5 bintang saya kasih rating 5 bintang plus-plus. Buku ini wajib dan harus kalian miliki.
Oh iya ada lagi kisah nya di dilan 2 dan suara dilan, semoga saja nanti bisa saya tuliskan sejumput kisahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com