Selasa, 29 Agustus 2017

[Review Film: 5cm.] Merayakan Pertemuan di Atas Ketinggian



SINOPSIS
Di atas awan puncak tertinggi Jawa, lima sahabat, dua cinta, sebuah mimpi, mengubah segalanya. Cerita ini mengkisahkan persahabatan lima orang anak manusia yang sudah cukup lama, hingga suatu hari kelimanya merasa jenuh dengan hubungan pertemanan mereka. Hingga mereka pun akhirnya memutuskan untuk keluar dari zona nyaman persahabatan mereka, dan memutuskan untuk lost kontak selama tiga bulan, dan hidup masing-masing terlebih dahulu untuk menggapai mimpi dan cita-cita mereka.
Hingga akhirnya waktu tiga bulan pun terlewati. Kerinduan yang mereka rasakan satu sama lain pun tak bisa di bendung. Seperti yang direncanakan sebelumnya. Waktu pertemuan mereka pun akan dirayakan dengan menaklukkan puncak tertinggi Pulau Jawa, Gunung Mahameru.

Resensi Film 5 cm.

Film ini dirilis pada tanggal 12 Desember 2012. Plot film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel Nasional Best Seller yang berjudul sama, karya Donny Dhirgantoro. Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini mentransformasi cerita novel menjadi tayangan berdurasi sekitar 126 menit. Dengan gaya yang ringan dan kemasan alur yang runut. Difilm ini pun ada kehadiran Happy Salma yang menjadi Special Apprearance. Untuk Ost. 5 cm terdiri dari empat lagu yang berjudul Di Atas Awan, Rahasia Hati, Tak Akan Pernah Mati, dan 5 cm, kesemuanya dinyanyikan oleh Nidji dengan begitu asik.


Fedi Nuril begitu apik memerankan karakter Genta yang terlihat kalem, dewasa, dan muncul sebagai leader di tongkrongan lima anak muda ini. Lalu, Herjunot Ali sukses memerankan karakter Zafran dengan ciri seorang yang berantakan, yang katanya merupakan standar seniman, Zafran merupakan seorang yang puitis, sedikit narsis, idealis, dan sempat mengidolakan Kahlil Gibran. Kemudian ada Denny Sumargo, memerankan seorang karakter bernama Arial yang memiliki tubuh atletis namun selalu gugup ketika berhadapan dengan wanita, dan memiliki kebiasaan unik yaitu setiap makan harus ada kecap. Selanjutnya, Igor Saykoji, memerankan tokoh bernama Ian, ia adalah seorang yang doyan bola tapi ga bisa main bola, seorang penggemar klub bola Manchester United, dan juga penggemar blue film. Selanjutnya, ada Raline Shah, yang memerankan tokoh Riani, seorang wanita cerdas, cerewet dan memiliki pengetahuan luas. Dan yang terakhir ada Pevita Pearch, ia memerankan seorang tokoh bernama Dinda yang merupakan adik dari Arial, pokonya dia cantik banget deh.
Adegan pada suatu malam, kelima anak yang sudah tak memiliki tujuan nongkrong akhirnya memutuskan untuk menuju rumah Arial, menjadi pengisi bagian awal film. Dalam tayangan itu Genta yang merasa jenuh dengan kegiatan mereka yang itu-itu aja (ngongkrong bareng) memberikan gagasan untuk kelaur dari zona nyaman mereka, yaitu tak bertemu untuk beberapa waktu.
Keempat sahabatnya sempat merasa kaget dengan usulan Genta, terutama Riani yang tak setuju dengan gagasan Genta. Namun, berbeda dengan Ian, ia merupakan satu-satunya orang di tongkrongan itu yang belum menyelesaikan kuliahnya, menyambut baik usulan Genta, karena ia ingin focus untuk menyelesaikan skripsinya.


Akhirnya para sahabat itu pun menyetujui usulan Genta yang ingin mjengajak mereka keluar dari zona nyamannya masing-masing. Ditentukanlah waktu untuk lost kontak itu. Awalnya Genta mengusulkan enam bulan. Namun itu ditentang kembali oleh para sahabatnya. Dan akhirya disepakati menjadi tiga bula. Jadi selama tiga bulan mereka tak boleh bertemu, ngobrol bercerita dan segalanya.

Selama Menyendiri
Ian yang disamakan dengan anak SD jika sampai lulus kuliah selama enam tahun oleh dosennya pun mengerjakan skripsinya dengan tekad yang sangat kuat. Ada cobaan yang menimpanya ketika menyebar kuesioner, dia di-PHP-kan oleh perusahaan yang sebelumnya menerima kuesionernya, namun ternyata tak dikerjakan, hal itu membuat Ian kecewa.
Ia pun menuju mobilnya dengan tertunduk. Tepat di sebelah mobilnya, ada seorang yang mobilnya rusak dan membutuhkan dongkrak. Orang itu pun meminjam kepada Ian, namun Ian sempat menghiraukan, dan terus masuk ke dalam mobilnya. Tiba-tiba Ian menghampiri orang itu dengan memberikan sebuah dongkrak miliknya.
Sebuah kebetulan, orang tersebut adalah seorang pegawai perusahaan dibidang SDM. Ian pun meminta tolong tentang kuesionernya. Ketika orang itu lihat, dan menyetujui kuesioner Ian, karena kebetulan sama dengan yang sedang diteliti oleh perusahaannya.
Sedangkan Zafran yang merupakan fans berat dari Dinda (adiknya Arial), dengan perjanjian yang mereka sepakati membuat Zafran sulit untuk bertemu dengan Dinda, hingga akhirnya Zafran selalu sibuk menelpon Dinda hanya untuk sebatas mengobrol dengan obrolan yang sangat monoton dan tidak berbobot.
Kemudian Riani, sambal menunggu hujan reda, di kantornya ia menyempatkan diri untuk membuka messenger-nya dan chat dengan seseorang, padahal orang itu baru ia kenal. Hampir ia bercerita panjang lebar tentang kegalauannya yang berpisah dari Genknya, terlebih kegalauan tentang rasa kagumnya kepada salah satu cowo di tongkrongannya. Namun, belum sempat Riani bercerita orang itu keburu offline.
Lain halnya dengan Genta, yang biasa kerja, rapat, dan presentasi bersama Riani, semenjak kesepakatan untuk lost kontak itu terjadi Genta merasa kehilangan, karena biasanya yang selalu ia lihat lebih lama kini sedang tidak ada.
Dan yang mengalami kemajuan pesat adalah Arial, ia yang terkenal canggung ketika dekat dengan wanita, semenjak lost kontak dengan sahabatnya ia pun memberanikan diri berkenalan dengan seorang wanita di tempatnya nge-gym. Hingga akhirnya ia berani menyatakan cinta dan menikah dengan wanita itu.

Merayakan Pertemuan
Tiga bulan berlalu, Genta yang memiliki usul ini dan berjanji akan merayakan pertemuan kembali dengan suasana yang takkan pernah mereka lupakan sampai kapan pun akhirnya menghubungi Zafran, Arial, Ian dan Riani untuk memberi tahu jadwal pertemuan serta perlengkapan yang mesti mereka bawa saat pertemuannya nanti. Dan tempat pertemuan itu adalah Stasiun Pasar Senen.
Tepat tanggal 15 Agustus, waktu yang sudah ditentukan Genta pun tiba. Satu persatu dari mereka sudah berdatangan ke stasiun. Zafran, Riani, Arian Bersama adiknya Dinda. Tinggal Ian yang belum terlihat batang hidungnya, hampir-hampir saja Ian tertinggal karena saat ia tiba kereta sudah berjalan secara perlahan.  Mereka semua penasaran dengan kejutan apa yang akan disuguhkan oleh Genta. Namun Genta masih menutup kejutannya rapat-rapat.


Hingga akhirnya rasa penasaran mereka pun terbayar saat sudah berada di kaki Gunung Semeru. Mereka semua akan merayakan pertemuan kembali setelah hilang kontak selama tiga bulan di gunung tertinggi Pulau Jawa, Puncak Mahameru,
Ada hal konyol yang di ceritakan dalam film ini, salah satunya ketika adegan di sebuah tanjakan yang berbentuk menyerupai hati, terdapat mitos jika berjalan mendaki puncak itu tanpa melihat ke bawah, maka keinginan cintanya akan tercapai, mitos tersebut membuat Ian dan Zafran tertantang, karena mereka berharap keinginan cintanya bisa terwujud.
Sementara itu ada juga cerita yang menegangkan ketika mereka berlima sudah akan menuju Puncak Mahameru, Arial sempat putus asa untuk sampai ke puncak, dan hal itu sempat hampir melenyapkan nyawanya. Selain itu Dinda dan Ian sempat celaka ketika saat jalur mulai mendaki, bahkan saat kecelakaan itu sahabat-sahabatnya sudah putus asa karena Ian tak sadarkan diri, dan sempat mengira bahwa Ian sudah meninggal.


Hingga akhirnya mereka dapat sampai ke puncak dan merayakan upacara kemerdekaan di atas puncak tertinggi Pulau Jawa.



Quotes
banyak sekali quotes yang bertebaran di novel ini, beberapa di antaranya seperti berikut:

“Gantungkan keinginan lo 5 cm di depan jidat lo biarkan mengambang, mengambang seakan2 lo meraihnya.” 

"Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain."

"Kita jangan sampai mau diatur oleh keadaan, kalo bisa kita yang mengatur. Kita harus selalu jadi kalimat aktif, selalu pakai awalan me-, bukan kalimat pasif dengan awalan di-."

"Emosi ga bisa ditolak, cuma bisa dikendalikan. Makanya, kita perlu punya EQ juga, bukan hanya IQ."

"Jangan percaya sama hoki. Apa yang kamu raih bukan karena kamu hoki, tapi karena kerja keras kamu selama ini yang telah kamu tanam dengan terus tekun dan pantang menyerah dalam menjalankannya."

"Semua cinta itu harus diungkapkan. Ga ada cinta yang ga diungkapkan. Kecuali oleh orang yang terlalu mencintai dirinya sendiri."

Dan masih banyak lagi quotes-quotes yang hebat.

Kelebihan dari film ini adalah sangat-sangat menginspirasi sekali, dan mungkin semenjak film ini tayang semakin banyak orang yang ingin naik gunung. lalu cerita dari film ini pun tidak membosankan, banyak sekali pesan moral di dalamnya.

Kekurangan dari film ini menurut saya itu cuman endingnya terlalu dipaksakan.



Kesan saya pribadi tentang film ini sangat-sangat REKOMENDASI SEKALI untuk kalian tonton.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com